SMAN 3 Bitung Terus Berbenah, Dengan Target Prestasi Melalui Peningkatan Ekstrakurikuler

by


Bitung – Kali ini SMA Negeri 3 Bitung walaupun berada di Pulau Lembeh, terus berbenah melatih dan akan melahirkan para siswa yang berprestasi.

Menurut Kepala SMAN 3 Bitung, Goldfriet Ronny Bawotong M.Pd yang ditemui kabarmanado.com di Sekolahnya belum lama ini mengatakan, sebelum adanya Covid-19 sejak bulan Februari lalu, sekolahnya terus melatih dan mengembangkan bakat minat para siswa melalui Kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul dan akan berlanjut terus sesudah berakhirnya wabah ini.

” Kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul adalah kegiatan tambahan yang kami lakukan di luar jam pelajaran di sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing,” ungkap Bawotong.

Kata Kepsek, kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di luar jam pelajaran tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah dan dirancang secara khusus agar sesuai dengan faktor minat dan bakat siswa disini.

” Kami hadirkan para pelatih profesional dari Daerah lain yang mempunyai banyak prestasi baik Nasional maupun Internasional agar para siswa bisa dilatih dengan baik dan bisa melahirkan siswa yang berprestasi,” ungkap Kepsek.

Kata Bawotong, hampir semua kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa yakni Karate, basket fulsal, Volly, Tenis Meja, Pramuka dan lainnya.

” Kami sudah mulai sejak Februari 2020 ini dan kalau tidak ada wabah Covid-19 tentunya sudah berjalan terus,” kata dia.

Lanjut Bawotong, kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan kemampuan potensi dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial dalam kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas baik pengembangan, sosial, rekreatif, dan persiapan karir.

” Kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan,” jelas dia.

Kata Bawotong, kegiatan ekstrakurikuler juga berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial, praktik keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.Fungsi rekreatif, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dalam suasana rilek, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan peserta didik.

” Kegiatan ekstrakulikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik.¬†Fungsi persiapan karir, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas,” katanya.

Khusus disekolah kata dia, sarana dan prasarana sekarang sudah diperbaiki dan juga sebelum ada Covid-19, setiap Jumat dilakukan kegiatan pramuka dan banyak game yang dibuat dan semua siswa kelas 10 dilibatkan.

” Memang ekstrakulikuler kami laksanakan sebelum Covid-19 dimulai pukul 15.00 atau jam 3 sore sesudah KBM sampai pukul 17.30 Wita,” tutup Bawotong.