SMK Negeri 3 Manado Tampilkan Keahlian Tata Rias

by

Manado – Pameran pendidikan kejuruan SMK Expo 2018 menampilkan keunggulan sekolah masing-masing. Salah satu sekolah yang tampil adalah SMK Negeri 3 Manado.
Di stand yang berukuran 2×5 tersebut, SMKN 3 Manado menampilkan keunggulan sekolahnya di bidang kecantikan.

Pada pembukaan SMK Expo, Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw mengunjungi stand sekolah tersebut. ”Stand kami mendapat kesempatan menampilkan keahlian jurusan kecantikan,” kata Intan kurnia kelas XII Kecantikan yang berperan sebagai model.

Intan berharap agar sekolahnya bisa menghasilkan penerus bangsa yang berprestasi sehingga bisa bersaing pada dunia kerja nanti. “Saya ingin menjadi stylist terkenal dan berwira usaha salon kecantikan,” ungkap siswa yang berparas cantik ini.

Sementara Jihan Badoa sebagai perias yang juga jurusan dan kelas yang sama Intan ini menjelaskan, dirinya sangat senang dan bangga bisa bersekolah di SMKN 3 Manado.
” Saya ingin menjadi stylist dan makeup terkenal dan ingin melanjutkan usaha ibu saya yaitu makeup dan stylist,” kata dia.

Dia bercita-cita akan merubah dari makeup dan stylist yang tidak terkenal menjadi terkenal.
Guru kecantikan Silvya Ransulangi SPd MM menyampaikan, saat ini ada 72 siswa jurusan kecantikan di SMKN 3 Manado. “Sekolah kami sekarang ini mempunyai fasilitas yang sangat lengkap se Indonesia Timur dengan dilengkapi peralatan khusus yaitu alat listrik brushing, galvanic, vapozone, infra red, climazone dan lainnya,” ungkapnya.

Kata Silvya, banyak siswa yang berminat masuk, akan tetapi ruangan tidak mencukupi dan tenaga guru pun sangat kurang yaitu hanya 2 guru PNS dibantu 1 guru honor. “Jurusan kecantikan kami sudah kelas industri dan sudah bekerjasama dengan perusahaan kecantikan loreal dari pusat. Kami dapat bantuan semua jenis kosmetik dan paling banyak pewarnaan, kelurusan dan pengeritingan,” ungkapnya.

Lanjut dia, kerjasama pun telah terjalin dari bulan Juli 2018 dan para siswa juga akan melakukan PKL dan akan diterima melalui tes. Saat ini mereka melakukan pelatihan bagi siswa 1 bulan 5 kali di sekolah.
Kepala SMKN 3 Manado, Frolly Togas menjelaskan, sudah banyak siswa jurusan kecantikan yang berhasil. “Winna Winanda

Pratiwi contohnya sudah menjadi penata rias profesional, di mana dia menjadi penata rias artis di Metro Tv dan dia pernah juga ikut LKS tingkat nasional 2018 di Mataram,” ujar Togas.
Lanjut Togas, banyak juga tamatan siswa yang sudah berwirausaha sendiri membuka salon dan terserap di dunia usaha lainnya.

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.