SMKN 1 Manado Menjadi SMK Pusat Keunggulan Perhotelan

oleh -263 views

Manado, Kabarmanado.com – Kemendikbud Riset dan Teknologi terus meningkatkan mutu pendidikan kejuruan salah satunya dengan mengembangkan SMK Pusat Keunggulan.

SMK sebagai pusat keunggulan untuk meningkatkan kapasitas guru dan pembelajaran siswa SMK. SMK Kerjasama dengan kemitraan dan penyelarasan IDUKA (Industri, Dunia Kerja dan Dunia Usaha). 

Menurut Kepala Dinas Pendiidkan Daerah Sulut, dr Grace Punuh M.Kes bahwa diharapkan SMK Pusat Keunggulan akan mampu mengembangkan pendidikan kejuruan yang semakin relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan dunia usaha/industri dan menjadi pendukung kearifan/keunggulan lokal pada sektor pembangunan ekonomi tertentu atau mendukung kebijakan.

“Program SMK Pusat Keunggulan mengusung semangat “Merdeka Belajar” berfokus pada penguatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, serta mendekatkan sektor pendidikan dengan dunia kerja profesional. Program SMK Pusat Keunggulan memberikan jalan untuk dapat memerdekakan potensi guru, kepala sekolah, dan siswa, serta menciptakan ekosistem berkebinekaan yang berstandar global,”ungkap Kadis.

Kata Kadis, dirinya sangat bersyukur ada beberapa SMK di Sulut yang terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan dan ini adalah langkah awal untuk membangun dan meningkatkan mutu pendidikan di Sulut khususnya SMK.

SMK Negeri 1 Manado merupakan salah satu SMK yang terpilih sebagai SMK pusat keunggulan di Sulut dimana Program kelahlian Perhotelan dipilih menjadi pusat keunggulannya.

Melalui Kepala SMK Negeri 1 Manado, Drs. Jenner Rumerung Jumat (16/07) menyampaikan, dirinya sangatlah bersyukur karena Sekolahnya bisa terpilih sebagai SMK Pusat Keunggulan.

“Banyak manfaat yang akan kami dapat disini yakni penguatan SDM, yaitu penguatan kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru. Penguatan ini diberikan melalui program pelatihan dan pendampingan intensif untuk mewujudkan manajemen dan pembelajaran berbasis dunia kerja,” ungkapnya.

Kata Kepsek, program SMK Pusat Keunggulan akan berjalan selama empat tahun kedepan dimana Programnya memberikan bantuan berupa fisik dan nonfisik. Bantuan fisik digunakan untuk membangun ruang praktik yang dilengkapi dengan peralatan. Sedangkan, bantuan nonfisik dialokasikan antara lain untuk penguatan penyelarasan kurikulum dengan industri. 

“Sekarang kami sudah tahap persiapan dan sudah ikuti serta membuat beberapa kegiatan diantaranya sosialisasi program SMK Pusat Keunggulan baik internal maupun kepada dudi terkait,” ungkap Kepsek.

Dalam tahap persiapan lanjut Kepsek, Sekolah sudah mengikuti pra bimtek dan ada 15 guru yang mengikuti dengan pembelajaran kurikulum untuk SMK PK didalamnya diikuti Kepsek dan pengawas bina dalam 10 hari dan itu sudah selesai. Dan dalam waktu dekat akan ada pelatihan 1 guru ikut platform digital untuk pembelajaran mulai tanggal 26-30 Juli.

“Kami juga telah melaksanakan kerjasam dengan DUDI yakni Hotel Aryaduta Manado dan mereka akan seleksi 1 kelas dimana sampai lulus mereka akan langsung di rekrut kerja,”tambahnya.

Dijelaskannya, selama 3 tahun Aryaduta akan menerima magang guru dan mereka juga akan menjadi guru tamu di sekolah dan ini adalah salah satu bentuk dukungan mereka.

Selama program ini berjalan lanjut Kepsek, Sekolahnya mendapatkan bantuan dana dari Kemendikbud Ristek sebesar Rp 2.5 Miliar untuk pusat pembelajaran siswa dimana ada 1 gedung disini akan dijadikan gedung Hotel yang memiliki 4 kamar yang akan dilengkapi dengan peralatannya.

“Sekolah ini nanti menjadi tempat pelatihan bagi para guru dan tenaga kependidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang programnya dirancang sesuai standar internasional yang menghubungkan akademik dengan kebutuhan dan penerapan di industry,” katanya.

Diharapkan Kepsek akan terjadi peningkatan kualitas pembelajaran sebagai pusat keunggulan kompetensi keahlian perhotelan.(Kifli).

tenor

No More Posts Available.

No more pages to load.