SMKN 2 Bitung Terpilih Sebagai Sekolah Revitalisasi Kelompok Teknologi

by
Kepala SMKN 2 Bitung, Harold Tambayong SPd MM

Bitung – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memilih 3 sekolah Revitalisasi Pendidikan Kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sulut.
Dari 219 SMK di Indonesia, salah satunya adalah SMK Negeri 2 Bitung dan ini dalam rangka menjalankan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 tahun 2016, tentang Revitalisasi SMK. Ini dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia.
Kepala SMKN 2 Bitung, Harold Tambayong SPd MM mengatakan, dirinya sangat bersyukur sekolahnya bisa terpilih sebagai sekolah Revitalisasi SMK. “Di Sulut untuk revitalisasi SMK hanya ada 3 sekolah yang terpilih, dan SMKN 2 Bitung terpilih masuk kelompok teknologi. Sekarang telah dilakukan pelaksanaan program pendidikan kejuruan teknik,” ungkap dia.
Dia mengatakan, revitalisasi itu juga sebagai antisipasi di era revolusi industri 4.0 dengan peluang pemberdayaan tamatan SMK. ”Dan untuk menghadapi dan mengantisipasi demografi dalam peningkatan pendudukan 2025-2030 nantinya,” tandas dia.
Menurut Tambayong, SMK Negeri 2 Bitung saat ini memiliki seribu lebih siswa yang tebagi di 11 kompetensi keahlian. Yang banyak diminati yaitu mesin, alat barat, kendaraan ringan, teknik ketenagalistrikan dan teknik komputer jaringan. “Sampai saat ini kami juga masih ada kekurangan guru kejuruan teknik, ini karena rata-rata guru sudah banyak yang akan pensiun,” jelas dia.

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.