Sosialisasi Kebhinekaan Komunitas Bela Indonesia Sulut

by
Komunitas Bela Indonesia (KBI) Sulawesi Utara (Sulut) yang terdiri dari para alumni pelatihan Juru Bicara.

Manado – Komunitas Bela Indonesia (KBI) Sulawesi Utara (Sulut) yang terdiri dari para alumni pelatihan Juru Bicara Pancasila yang dilaksanakan sejak bulan Oktober 2018, melaksanakan kegiatan bernama BATASA “Berbeda Tapi Satu” dengan tema “Menjaga Indonesia Merayakan Kebhinekaan. Menguatkan sikap toleran bagi Pelajar di kota Manado”.

Kegiatan itu sebagai bentuk realisasi tindak lanjut dari pelatihan yang telah dilakukan. Kegiatan ini mencakup sosialisasi kebhinekaan dan temu kawanua Pancasila yang dlaksanakan, Sabtu (26/01/2019), di Hotel Miracle, Paal 2 kota Manado, mulai pukul 09.00 Wita.

“Sosialisasi ini menyasar para pelajar sebagai peserta dan atas persetujuan dari Dinas Pendidikan Daeah Provinsi Sulut. Kami melibatkan 75 siswa-siswi perwakilan SMA/SMK negeri dan swasta di Kota Manado mencakup OSIS, PELSIS, dan ROHIS,” ungkap Ketua Panitia Desta Gloria Makadolang.

Yang hadir sebagai narasumber adalah Taufani MA, dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado memberikan materi seputar Millenial Generation Tolerance.

Desta menambahkan, setelah kegiatan Sosialisasi Kebhinekaan dilangsungkan, Komunitas Bela Indonesia Sulut akan melanjutkan dengan Temu Kawanua Pancasila yang akan diselenggarakan pada bulan Februari mendatang dengan peserta yang juga datang dari pelajar SMA/SMK di kota Manado.

“Untuk pelaksanaan kegiatan ini, Komunitas Bela Indonesia Sulawesi Utara berharap dapat tersosialisasinya pemahaman Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia dan pemahaman akan realitas hidup yang beragam,” ujar dia sambil menambahkan, sasarannya terlebih kepada pelajar di kota Manado, serta terbentuk kelompok studi literasi kebhinekaan di sekolah-sekolah di Kota Manado.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.