STIEPAR Manado Gelar Dies Natalis ke 22 dan Sukses Jalin Kerjasama MMS INC Australia

by

Manado, kabarmanado.com – Rangkaian Kegiatan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) Manado yang ke 22 antara lain dilakukan penyerahan Certificate of Collaboration antara Manly-Manado Society Incorporation (MMS INC) dengan STIEPAR Manado, Peluncuran Program Studi konsentrasi Manajemen Destinasi Pariwisata Digital, Peluncuran Buku dan Bedah Buku, Peluncuran Portal Seniman Kawanua dan Pameran Lukisan dan handycraft.

Turut hadir dan membawakan sambutan dalam acara Dies Natalis pada Kamis (08/04) di Ballroom STIEPAR, Walikota Manado terpilih Andrei Angouw.

Walikota Angouw menunjukan kepiawainya saat menyampaikan sambutan dengan berbahasa Inggris secara full. Dalam sambutannya ia mengucapan terima kasih atas undangan dan mengucapkan selamat atas Dies Natalis STIEPAR ke 22, beliau berharap STIEPAR akan mepromosikan dan membangun sumber daya manusia (SDM) pariwisata di Kota Manado.

Angouw mengatakan, Bahasa Inggris sangat penting karena akan menghubungkan kita dengan Dunia dan Ia mengingatkan kepada semua untuk belajar Bahasa Inggris.

“Semoga program antara STIEPAR Manado dengan MMS dapat berlangsung terus bagi mahasiswa lainnya,”harap Walikota.

Secara khusus Angouw membeberkan tentang Manly city Sydney yang sudah beliau ketahui sejak berkunjung pada November 2007 pada saat dia berkunjung ke Sydney saat itu melihat banner Manado Manly Society dan akhirnya Angouw berkunjung ke Manly city dengan menggunakan ferry.

Angouw berterima kasih telah memberikan sebutan Honorable Represented MMS baginya, Angouw juga mengapresiasi MMS sampai saat ini tetap eksis sejak 14 tahun yang lalu dan suatu saat ia akan Kembali ke Sydney dan ke Manly ujarnya. 

Drevy Malalantang selaku Direktur STIEPAR Manado mengatakan, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) STIEPAR yang ke 22 di tahun 2021 merupakan sebuah lompatan besar disaat Dunia masih mengalami Pandemi Covid 19.

“STIEPAR berhasil membangun jaringan kerjasama dengan Negeri Kanguru Australia dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang Pariwisata,”ungkap Drevy.

Lebih lanjut Malalantang membeberkan bahwa  Manly Manado Society atau MMS INC adalah sebuah korporasi berkedudukan di Sydney Australia ini bergerak dibidang Pariwisata Kesehatan, Pendidikan dan Pariwisata. Pada Bidang Kesehatan MMS mendukung masyarakat dan organisasi yang terlibat di bidang perawatan kesehatan dan kesejahteraan orang kurang mampu. Selanjutnya pada bidang Pendidikan MMS membantu membangun jaringan antara Lembaga Pendidikan di Sydney dan Manado dan pada bidang Pariwisata MMS mempromosikan pariwisata, perdagangan dan peluang investasi antara dua komunitas di Sydney dan Manado.

“Kerjasama antara MMS dengan STIEPAR Manado yang telah dilaksanakan adalah peningkatan kualitas SDM yakni Practice English Club (PEC),”ujar Malalantang. 

Selain Program kolaborasi tersebut, Direktur STIEPAR juga meluncurkan Program studi konsentrasi baru yakni Digital Destination, program yang memadukan antara kepariwisataan dan Teknologi Informasi Digital. Sepanjang pengetahuan program ini barulah pertama dan satu satunya di Indonesia, untuk mendukung tiga program prioritas yang diluncurkan oleh Kementerian Pariwisata yaitu E-Tourism, Air Connectivity dan Desa Wisata dan Home stay.

“Dalam perayaan HUT-nya STIEPAR Manado juga membuka dan memberikan panggung bagi para seniman di Sulawesi Utara, yakni meluncurkan portal Seniman Kawanua dan pameran lukisan, batik dan handycraft.
Dua pelukis yang memamerkan lukisannya adalah Seniman Teddy Mokorimban dan Seniman Gammy Umboh. Sementara pameran batik, menampilkan batik Sizzy Matindas batik bercerita, dan Manado eco craft menampilkan hasil karya kerajinan tangan Dari bahan tempurung,”ungkapnya.

Lanjut Malalantang, Portal seniman kawanua, adalah sebuah website atau laman internet yang nantinya akan memuat hasil-hasil karya seniman di Sulut. karya seniman bisa seni lukis, suara, seni tari, seni musik, seni ukir, seni budaya dan lain-lain. segala sesuatu menyangkut seni dan seniman di Sulut nantinya dapat di lihat dalam website ini.

Hal yang menarik juga dalam acara ini, diluncurkan juga dua buah buku, yakni Novel fiksi yang berjudul :”Pamit ketika purnama” karya HK Repi yang juga adalah staff pengajar di STIEPAR dan buku yang kedua adalah buku ilmiah populer karya Direktur STIEPAR Manado yang berjudul : “The Manarow DREAM”. Peluncuran buku diikuti dengan bedah buku the Manarow Dream karya sang Direktur STIEPAR Manado.(Kifli).

tenor