Sudah Lewat Sebulan, Dana Sertifikasi Guru Triwulan Dua Tak Kunjung Cair

by
Kadis Dikda Sulut Grace Punuh.

Manado – Pencairan dana sertifikasi guru triwulan dua bulan April, Mei dan Juni Tahun 2019 hingga saat ini belum ada pencairan.

Dengan adanya keterlambatan tersebut membuat kecewa para guru karena sudah lewat satu bulan belum juga ada tanda pencairan dana sertifikasi.

Salah satu guru yang tidak mau disebutkan namanya mengungkapkan bahwa honor penghargaan bagi para guru berupa dana sertifikasi sampai saat ini belum diterima. “Sewaktu saya datang di Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut mengumpulkan berkas, kata mereka sambil berjanji dana sertifikasi guru nanti cair pada tanggal 19-21 Juli sudah ada direkening para guru yang sudah lengkap berkas,” kata dia.

Lanjut dia, janji yang diungkapkan dicairkan tanggal 19 – 21 juli ini tidak ditepati dan dicairkan padahal dana serifikasi sangat membantu kehidupan kami para guru saat ini karena gaji yang didapat belum bisa memenuhi kehidupan perekonomian keluarga. “Kami berharap dana sertifikasi cepat dicairkan karena akan membantu memenuhi kekurangan ekonomi keluarga,” kata dia.

Dia berharap agar dana sertifikasi bisa dicairkan tepat waktu dan tidak ada guru yang dirugikan.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh melalui Kepala Bidang Guru dan tenaga kependidikan, Cristian Sumampow menyampaikan, saat ini dana sertifikasi triwulan dua bagi para guru sementara berproses. “Tidak ada kendala apa – apa, sebenarnya ini sudah cukup cepat dibandingkan dengan dulu sewaktu masih dikelola Kabupaten dan Kota,” ungkap dia.

Lanjut Sumampow, para guru tunggu saja dan bersabar karena dananya sementara diproses.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.