Sudah Melayani Tamu, Hotel Praktik SMKN 2 Tahuna Dilengkapi Fasilitas Memadai

by


Tahuna, Kabarmanado.com – Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai Pusat Keunggulan adalah wujud nyata dari upaya pembenahan pendidikan vokasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menyiapkan lulusan yang handal, terampil dan siap kerja adalah wujud nyata dari SMK dengan didukung dari penyiapan Ruang Praktik Siswa (RPS) beserta dengan fasilitas peralatannya.

Bukti nyata salah – satunya ada di SMK Negeri 2 Tahuna yang berada di Daerah Kepulauan Kabupaten Sangihe Provinsi Sulut ini.

Lihat saja salah – satu program keunggulannya ada di Jurusan keahlian Perhotelan dari 6 jurusan yang ada di Sekolah ini.

Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud RI dan Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan Daerah membantu sekolah ini dengan membangun gedung RPS perhotelan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020 yang dilengkapi peralatan yang canggih tidak kalah dengan hotel berbintang.

Lihat saja, saat Soft Openingnya pada tanggal 6 April 2021 kemarin, berbarengan dengan telah diresmikannya oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE yang ditanda tangani prasastinya bersama dengan SMA dan SMK yang lain saat peresmian gedung Kampus Politeknik Nusa Utara maka Hotel Praktik SMKN 2 Tahuna ini resmi beroprasi.

Tamu yang nginap perdana pun adalah Kepala Bidang Pembinaan SMK, Debby Mamangkey bersama para Pejabat Cabang Dinas Pendidikan dari Minut – Bitung, Minsel – Mitra serta para tamu dari Dikda Sulut.

Kabid SMK, Debby Mamangkey pun merasa bangga dan senang melihat gedung dan fasilitas yang ada di Hotel Praktik SMKN 2 Tahuna ini.

“Pembangunan RPS ini sudah sangat baik sesuai apa yang diharapkan,”kata Mamangkey.

Kata Mamangkey, SMK dengan fasilitas RPS seperti inilah yang diharapkan agar para lulusan nanti sudah siap kerja.

“Luhat saja SMKN 2 Tahuna ini dengan adanya RPS siswa langsung bisa praktik di Sekolah,”ungkapnya.

Lanjut Mamangkey, para Siswa yang praktik di Hotel SMK N 2 Tahuna ini seperti bekerja dihotel berbintang karena fasilitasnya juga sama seperti hotel berbintang.

“Selama menjadi tamu di Hotel Praktik SMKN 2 Tahuna ini kami seperti menginap di Hotel berbintang dengan melihat Siswa seperti para pekerja hotel profesional lainnya,”ungkapnya.

Menurut Kepala SMK Negeri 2 Tahuna, Drs. Mangensihi J Karaeng RPS perhotelan di Sekolahnya fasilitasnya cukup lengkap dengan peralatan yang canggih seperti hotel berbintang dan ini proyek DAK 2020 dengan anggaran hampir Rp 2 Miliar.

“Kami keluarga besar SMKN 2 Tahuna menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud dan Pemerintah Provinsi Sulut bapak Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw serta ibu Kadis Dikda dr Grace Punuh M.Kes,”katanya.

Lanjut Karaeng, Ada 3 kamar yang dimiliki Hotel Praktik SMKN 2 Tahuna dengan fasilitas yang cukup lengkap yakni Reseptionist 24 hours, queen bed 160×200, air conditioner , miniral water, amenities, hot and cold water dengan Open reservation promotion in april Rp 275.000 (room only).

“Kami menjadikan SMK ini sebagai Pusat Keunggulan dengan fukus saat ini adalah jurusan perhotelan,”katanya.(Kifli).

tenor