Sukses Gelar Hardiknas Di Masa Pandemi, Gubernur dan Wagub Serahkan Sejumlah Penghargaan Pendidikan

by

Tomohon, Kabarmanado.com –
Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut menggelar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2021 yang dipusatkan di SMKS Kristen 1 Tomohon pada Rabu (05/05).

Hadir langsung kegiatan puncak tersebut adalah Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, Ketua DPRD Prov Sulut, FORKOPIMDA Prov Sulut, Walikota Tomohon dalam hal ini diwakili oleh Wakil Walikota Tomohon dan Sekretaris Daerah Kota Tomohon, FORKOPIMDA Kota Tomohon, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tomohon, serta Para Pejabat Instansi Vertikal Kemendikbud, Riset dan Teknologi RI.

Pada Hari Pendidikan Nasional 2021 dengan Tema Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar di Sulut dirangkaikan dengan Peresmian Bangunan DAK Fisik 2020 SMK dan SMA, Penyerahan Piagam Penghargaan kepada 12 Orang Kepala Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak tahun 2021, Pemberian Edukasi terkait panduan Pencegahan Penyebaran Covid-19, Peninjauan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Peninjauan pemberian Vaksin kepada Guru dan Tenaga Kependidikan serta Peninjauan Pelaksanaan Donor darah masal di SMK Kristen 1 Tomohon.

Kepala SLB Trikora Indah Bitung, Siti Taang Mendapatkan Penghargaan Sebagai Sekolah Penggerak 2021 oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

Kepala SMAN 1 Bitung, Syane Wuitsang Mendapatkan Penghargaan Sebagai Sekolah Penggerak 2021 oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

Kepala SMA Kristen Tumoutou Girian, Maxy Awondatu Mendapatkan Penghargaan Sebagai Sekolah Penggerak 2021 oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

Kepala SMA Negeri 8 Manado, Mediatrix Ngantung Mendapatkan Penghargaan Sebagai Sekolah Penggerak 2021 oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey

Kepala SMKN 2 Bitung, Meryati Ella Taengetan mendapat penghargaan sebagai Sekolah terpilihnya sebagai pelaksana SMK COE Tahun 2020 dan Tahun 2021 sebagai SMK Pusat Keunggulan di Sulut.

Gubernur Olly Meresmikan DAK Fisik 2020 didampingi Kadis Dikda Sulut, dr Grace Punuh M.Kes.

Gubernur Olly berkesempatan meresmikan Ruang Praktik Siswa bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Provinsi Sulut Tahun 2020 serta penandatanganan prasasti sarana dan prasarana infrastruktur pendidikan SMK/SMA/SLB di Tomohon-Minahasa TA 2020.

Gubernur Olly Dondokambey mengingatkan agar sarana dan prasarana yang baru diresmikan ini dikelola dengan sebaik-baiknya.

“Kita harapkan bantuan ini dimanfaatkan sesuai dengan keinginan daripada masyarakat. Bagaimana tingkatkan pendidikan karena mendukung Sumber Daya Manusia (SDM) angkatan kerja di Sulut,” tegas Gubernur

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut Grace Punuh mengatakan peringatan Hardiknas di Sulut biasanya diawali dengan pelaksanaan upacara bendera secara tatap muka oleh setiap Perangkat Daerah dan Satuan Pendidikan, dengan disertai berbagai kegiatan atraktif lainnya. Namun karena pendemi, tidak dapat diadakan secara tatap muka dikarenakan beberapa wilayah di Sulut masih berada dalam zona oranye.

“Sehingga pegawai di lingkup Dinas Pendidikan Daerah dan para siswa-siswi di beberapa wilayah dimaksud mengikuti upacara bendera secara live streaming dari berbagai sumber yang ada,” bebernya.

Selanjutnya untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional tahun 2021, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Pendidikan Daerah berinisiatif melaksanakan agenda pada saat ini di SMK Kristen 1 Tomohon yang didalamnya termuat ragam aktivitas/kegiatan, yaitu antara lain:
1. Peresmian bangunan fisik yang dibiayai oleh anggaran DAK tahun 2020. Adapun peresmian ditandai dengan penandatanganan sebanyak 19 prasasti.
2. Penyerahan piagam penghargaan kepada sejumlah orang Kepala Satuan Pendidikan pelaksana Program Sekolah Penggerak tahun 2021 sebagaimana telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
3. Pemberian edukasi terkait panduan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada para guru, tenaga kependidikan, dan siswa-siswi SMA/SMK/SLB se-Kota Tomohon;
4. Peninjauan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas di SMKS Kristen 1 Tomohon;
5. Peninjauan pemberian vaksin kepada para guru dan tenaga kependidikan pada SMA/SMK/SLB se-Kota Tomohon sebanyak 200 orang;
6. Peninjauan pelaksanaan kegiatan donor darah masal.
Kepala SMK Kristen 1 Tomohon Altje Liuw mengucapkan terima kasih kegiatan Hardiknas 2021 dilaksanakan di sekolahnya.
“Kami sangat bersyukur kegiatan berjalan lancar dan sukses. Apalagi dihadiri pak Gubernur Olly Dondokambey, pak Wagub Steven Kandouw, pak Ketua DPRD Sulut dan pak Wakil Walikota Tomohon beserta seluruh stakeholder yang ikuti memperingati Hardiknas tahun ini,” ujarnya.

tenor