Sukses Gelar UKJ AJI Manado, Peserta Terbaik Langsung Di Umumkan

by

Manado – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado sukses menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) pada, Sabtu – Minggu (25-26/01/2020). Tim Penguji dari AJI Indonesia juga menetapkan peserta terbaik untuk tiap jenjang yakni muda, madya, dan utama.

Selama dua hari mengikuti UKj dan melewati 20 mata ujian dengan berbagai metode, akhirnya UKJ AJI Manado yang diikuti 27 jurnalis dari AJI Kendari, AJI Manado, dan AJI Ternate, secara resmi ditutup, Minggu (26/01/2020).

“Proses UKJ sudah kita lalui, selamat Anda dinyatakan kompeten di masing-masing jenjang,” ujar Badan Penguji AJI Indonesia Hasudungan Sirait, yang juga salah satu pendiri AJI Indonesia.

Sebelum ditutup, Hasudungan memimpin rapat Tim Penguji AJI Indonesia yang terdiri dari Yoseph E Ikanubun (Manado), Ruslan Sangadji (Palu), Abdi Purnomo (Malang), dan M Djufri Rachim (Kendari). Selain mengevaluasi jalannya UKJ, tim ini juga menetapkan para peserta terbaik. “Semuanya terbaik, tetapi ada ang memiliki nilai lebih tinggi dari yang lainnya,” ujar bang Has, sapaan akrabnya.

Pada hasil yang diumumkan, peserta terbaik untuk wartawan muda diraih oleh Fikram Salim (Malut Post), disusul Ficky Koloay (aktualsulut.com), dan Hairil Haji Abdul Rahim (Kieraha.com) di peringkat kedua dan ketiga.

Sementara di jenjang madya posisi teratas adalah LM Asmar Iyan Saputra (Berita Kota Kendari), kemudian di peringkat kedua dan ketiga ditempati oleh Marsal Datundugon (zonautara.com), dan Joice Bukarakombang (LKBN Antara).

Untuk jenjang wartawan utama, terbaik pertama diraih oleh Fernando Lumowa (Tribun Manado), disusul Rine F Araro (Tribun Manado) di peringkat kedua, dan Julkifli Madina (Kabarmanado.com) di tempat ketiga.

Ketua AJI Manado Yinthze Lynvia Gunde pada penutupan mengatakan, terima kasih atas kepercayaan AJI Indonesia menggelar UK di Manado, serta dukungan Kedubes Australia dalam pelaksanaan Workshop Etik sebelum pelaksnaan UKJ.

“Teman – teman yang sudah dinyatakan kompeten, ini menjadi tanggungjawab kita menjalani profesi jurnalis dengan baik,” kata dia.

Diketahui dari 27 jurnalis itu, yang mengikuti UKJ tingkat utama sebanyak 11 orang, 3 di jenjang madya, dan 13 lainnya di tingkat muda.