Sulut Jadi Titik Singgah Kirab Pemuda Indonesia Zona Dua

by
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Daerah Sulawesi Utara, Marsel Sendoh SH MSi.

Manado-Kirap Pemuda se-Indonesia Zona Dua yang dilepas dari Kabupaten Merauke Provinsi Papua sejak  7 Sebtember 2018 akan tiba di Manado pada 21 Setember 2018.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Daerah Sulawesi Utara, Marsel Sendoh SH MSi mengatakan, dalam kirab pemuda ini Sulawesi Utara menjadi titik singgah untuk Zona Dua dan akan dipusatkan di Boroko Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. “Mereka akan berada di Boroko selama 3 hari 2 malam dan berbagai kegiatan kepemudaan akan dilaksanakan di sana,” ujarnya.

Kata Sendoh, para pemuda menjunjung tinggi 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Sulut, Drs Cherry Maringka mengatakan, tujuan kirab adalah untuk membangun jiwa kebangsaan serta  menjalin silaturahmi antar pemuda di seluruh Indonesia. Juga menjadi bagian dari salah satu program nawacita presiden RI. ” Sulut telah mengutus 2 orang pemuda yaitu atas nama Febrianto Peda dari Kota manado dan Wulandari Bonde dari Bolmut,” ungkapnya.

Untuk seleksinya kata dia, diseleksi oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga RI melalui sistem online di mana untuk seleksi berkas dan wawancara dari Kemenpora. Pemprov Sulut melalui Dispora hanya merekomendasi dua orang yang lulus tersebut. “Peserta semua ada 68 yaitu setiap provinsi mengutus 2 orang dan mereka dibagi dua zona yaitu zona 1 mengelilingi pulau Sumatra dan Kalimantan dan zona 2 pulau Jawa dan Sulawesi serta ditambah masing – masing 20 orang pemuda dari organisasi kepemudaan di Indonesia,” jelasnya.

Katanya, khusus Zona Dua ada 44 peserta ditambah 5 pendamping dari Kemenpora dan Kopasus. Untuk Zona 1 dilepas dari Kota Sabang Provinsi Aceh di mana mereka melewati pulau Sumatra dan Kalimantan. “Setelah berkumpul diktitik singgah didua zona yang telah ditentukan, maka mereka akan berkumpul semua di Jakarta,” tutupnya.

 

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.