Tampilkan Keahlian Merakit Komputer di Expo, SMKN 1 Talaud Banjir Pujian

by

Manado – Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler sebagai bagian dari peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terus dikerjakan hingga saat ini.

Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekokah (MKKS) SMK ikut andil besar dalam dalam peningkatan mutu pendidikan melalui SMK EXPO.

Berbagai keahlian dan kreatifitas Sekolah maupun Siswa tertuang dalam kegiatan SMK EXPO.

Salah satunya peserta dari SMK Negeri 1 Talaud, dimana sekolah ini dalam SMK EXPO 2019 menampilkan keahlian kejuruan bidang Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, Grace Punuh dalam kunjungan ke Stand SMKN 1 Talaud merasa senang dengan kemampuan keahlian para siswa. “Ini adalah bukti walaupun sekolah dan siswa yang tinggal di daerah kepulauan yang jauh dari Perkotaan dan susahnya siqnal, tetapi bisa merakit komputer,” ungkap Punuh.

Kepala SMK Negeri 1 Talaud, Jonson Talumedun SPd MPd mengatakan, sekolahnya menampilkan keahlian TKJ khususnya dalam keahlian merakit komputer modern. “Ada 3 siswa di jurusan TKJ yang dipilih yaitu melakukan praktek perakitan komputer,” ungkapnya.

Kata dia, sekolah mereka ada 6 jurusan yakni Desain Permodelan dan Informasi Bangunan, Teknik Instalasi Listrik, Teknik Komputer dan Jaringan, Akuntansi Keuangan dan Lembaga, Tata Busana dan Tata Boga atau Wisata Luliner. “Kami saat ini ada 241 Siswa dan dibandingkan dengan tahun 2017 hanya 161 siswa dan 2018 hanya 218 siswa pada tahun 2019 ini terjadi peningkatan yang sangat siqnifikan yang masuk di SMKN 1 Talaud,” tutupnya.

Sementara itu melalui Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Talaud Dikda Sulut, Sri Ratna Pasiak SPd menyampaikan, memang setiap tahun SMKN 1 Talaud mengalami peningkatan siswa baru yang sangat signifikan. “SMK ini diisi dengan para guru yang profesional yang ahli dibidang mereka dan banyak prestasi yang sudah diraih para siswa,” ungkap dia.

Lanjut dia, semoga sekolah yang lain juga bisa meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Talaud.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.