Tantangan Lulusan Tenaga Medis di Era Digital

by
Pengukuhan 153 tenaga kesehatan yang terdiri dari 90 dokter umum, 33 dokter gigi, 12 dokter spesialis dan 18 ners.

Manado – Unsrat Manado mengukuhkan 153 tenaga kesehatan yang terdiri dari 90 dokter umum, 33 dokter gigi, 12 dokter spesialis dan 18 ners. Dalam pelantikan yang digelar, Selasa (19/02/2019), Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA menyampaikan sejumlah pesannya.

“Di era kemajuan teknologi di mana artificial intelligence dan robotik telah merambah dunia medis, maka di situlah peran kemanusiaan harus ditonjolkan,” ujar Kumaat,

Dia memaparkan, tenaga medis Indonesia harus mampu bersaing, utamakan etos kerja yang baik serta motivasi yang murni. Sebab dengan karakter yang berbudaya seperti itulah, lanjut Kumaat, tenaga medis dapat bersaing di dunia modern sekarang ini ketika artificial intelligence, laser dan hologram mulai memasuki dunia medis. “Karena di situlah peran kemanusiaan kita harus ditonjolkan, juga kepedulian dan empati,” ungkap rektor.

Kumaat menyampaikan, kelulusan yang ditandai dengan menerima ijazah adalah titik awal mengabadikan ilmu pengetahuan, keahlian dalam koridor etika serta nilai kemanusiaan yang sarat akan nilai-nilai penting. “Kemajuan teknologi jangan sampai menggantikan peran medis yang sebelumnya dijalankan oleh manusia. Karena itu sumber daya manusia harus mengembangkan penguasaan teknologi. Hal ini menjadi syarat penting untuk dapat dikelola dengan baik,” ujarnya.

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey SE saat menghadiri dan sekaligus membuka rapat terbuka Senat Fakultas Kedokteran Unsrat, pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji dokter spesialis, dokter, dokter gigi dan ners, menyampaikan pelantikan itu bukanlah capaian akhir tapi merupakan awal untuk melangkah dalam babak yang baru.

“Saya berharap Universitas Sam Ratulangi yang menjadi salah satu lembaga pendidikan terandal di daerah ini, menjadi harapan kepada segenap civitas akademika untuk memahami, memaknai sekaligus antipatif dalam setiap responsif terhadap setiap aspek peluang serta tantangan,” ungkap gubernur.

 

Penulis: Ishak Kusrant

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.