Tekan Penyebaran Covid-19, Rektor Unsrat Hentikan Sementara Belajar Mengajar Di Kampus Mulai 16 Maret

by

Manado –Memutus penyebaran virus corona yang saat ini telah merambah hingga ke wilayah Sulawesi Utara dan disikapi oleh berbagai pihak baik Pemprov Sulut meliburkan sementara siswa SMA/sederajat dan Pemkot Manado meliburkan siswa SMP dan SD.

Untuk merespon kondisi ini pula, Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA dalam surat edarannya, Minggu (15/3) mengambil kebijakan untuk menghentikan sementara aktivitas belajar mengajar di kampus mulai tanggal 16 Maret 2020.

Rektor berharap semua Fakultas menindaklanjuti arahan ini dalam menyikapi Pandemi COVID-19 dan kata dia, dengan, untuk mahasiswa D3, S1, S2, S3, Profesi Insinyur, Akutansi, mulai Senin 16 Maret 2020 kegiatan perkuliahan tatap muka akan diganti dengan perkuliahan jarak jauh/daring/online.

Ditegaskan Ellen Kumaat bahwa kegiatan akademik tidak diliburkan tetapi diganti dengan perkuliahan jarak jauh atau daring/online.

“Mahasiswa tidak perlu datang ke kampus, Program Studi akan melakukan koordinasi dengan seluruh mahasiswa untuk teknis pelaksanaannya,” tegasnya.

Dijelaskan, sehubungan dengan beberapa mata kuliah belum diupload online, masing-masing program studi akan mengkoordinasikan dengan dosen Penanggung Jawab MK bentuk pembelajaran yang dapat berupa penugasan mandiri, tugas kepustakaan dan lain-lain.

“Pogram studi agar mempertimbangkan presensi kehadiran mahasiswa yang melakukan kegiatan pembelajaran dalam bentuk perkuliahan jarak jauh/daring/online,” sambung Rektor

Ia juga menjelaskan, untuk mahasiswa profesi dokter umum, dokter gigi, ners akan dikoordinasikan dengan Fakultas Kedokteran.

“Kegiatan perkuliahan jarak jauh/daring/online dimulai Senin 16 Maret 2020 sampai dengan batas waktu yang akan ditentukan kemudian dalam edaran Rektor mengenai Protokol COVID-19 Unsrat yang akan diedarkan,” tegasnya