Terancam Punah, Populasi Anoa Tersisa 2.500 Ekor

by
Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Ir Dodi Garnadi MSi (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: Yoseph E Ikanubun)

Manado – Jumlah populasi anoa (Buballus sp.) di habitat alaminya diperkirakan mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data IUCN Red List diperkirakan populasi anoa di seluruh Sulawesi tidak lebih dari 2.500 individu.

“Sedangkan di eksitu, jumlah anoa yang terdata di studbook adalah sebanyak kurang lebih 40 ekor,” ungkap Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Ir Dodi Garnadi MSi kepada wartawan, Selasa (31/07/2018).

Anoa juga digolongkan sebagai satwa terancam punah dalam IUCN Red List of Threatened Animal dan masuk ke dalam Appendix I CITES.

Dodi menjelaskan, saat ini di Anoa Breeding Center (ABC) BP2LHK Manado memiliki 10 anoa dengan komposisi 3 jantan dan 7 betina. Satu ekor bayi anoa baru lahir pada 25 Juli 2018, sehingga total ada 3 ekor yang lahir di penangkaran.

Kepala Seksi DIK BP2LHLK Manado, Rinto Hidayat Shut menambahkan, ABC telah menjalin kerjasama untuk mendukung pelestarian satwa endemik Sulawesi ini diantaranya dengan PT Cargill Indonesia-Amurang, PT J Resources Bolaang Mongondow serta dukungan dari BKSDA Sulut dan PT MSM-TTN. “Untuk keberhasilan ini kami memberikan apresiasi yang tinggi untuk peneliti dan tim ABC BP2LHK Manado serta mitra kerjasama yang terus turut berkontribusi dalam konservasi anoa sebagai satwa endemik yang dilindungi,” ujar Rinto.

Imelda Tandako, Plan Manajer PT Cargill Indonesia Amurang mengatakan, sebagai koorporasi bisnis pihaknya juga merasa mempunyai tanggungjawab untuk pelestarian lingkungan dan satwa termasuk anoa yang terancam punah. “Maka sejak 2015, PT Cargill mendukung kegiatan ABC dengan memberikan sarana yang layak, termasuk rencana membangun klinik hewan atau anoa pertama di Indonesia,” ujar Imelda.

 

Penulis: Yoseph E Ikanubun

 

tenor

5 thoughts on “Terancam Punah, Populasi Anoa Tersisa 2.500 Ekor

Leave a Reply

Your email address will not be published.