Terapkan Protokol Kesehatan, Kepala BNN RI Resmikan Lembaga Rehabilitasi Narkoba Di Sulut

by



Manado, kabarmanado.com – Lembaga Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Utara (BNNP Sulut) Resmi beroperasi.

Lembaga rehabilitasi yang dinamai Arie Lasut ini diresmikan langsung oleh Kepala BNN RI, Heru Winarko bersama Kepala BNN Sulut Victor J Lasut dalam acara gunting pita yang berlangsung diarea Gedung BNNP Sulut, Kamis (19/11/2020).

Peresmian Lembaga rehabilitasi yang beroperasi ditengah pandemic ini, menerapkan protokol kesehatan dengan semua prosedur rehab wajib mengikuti anjuran pemerintah dalam memerangi Covid-19.

Kepala BNN RI Heru Winarko menegaskan bahwa lembaga ini adalah hukuman bagi para pengguna narkoba.

“Jadi saya harus meluruskan persepsi di masyarakat. Banyak berpendapat, kenapa sudah pecandu hanya rehab bukan dipenjara. Jangan salah, justru para pengguna ini lebih suka dipenjara dibandingkan di rehab,” tegas Heru Winarko.

Dijelaskannya, para pecandu lebih suka ke penjara karena bisa bertemu teman-teman pecandu lainnya.

“Berbeda kalau direhab, mereka akan dirawat sampai sembuh. Jadi rehab justru adalah sanksi, bagi para pecandu,”tambah Kepala BNN RI tersebut.

Lanjutnya, dengan adanya Lembaga Rehabilitasi ini, warga Sulut yang memerlukan penanganan rehab untuk para pecandu sudah tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar daerah.

“Selama pengobatan gratis, dimaksimalkan tiga sampai enam bulan sudah bisa sembuh,” tutupnya.

Editor/Penulis : Julkifli/Valdy