Terdampak Banjir, Ratusan Siswa SMAN 1 Bolangitang Timur Tidak Bisa Ikut Ujian Sekolah

by

Bolmut – Banjir bandang yang melanda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) membuat puluhan rumah dan fasilitas Sekolah terdampak dan digenangi air dan lumpur serta puing – puing kayu dan sampah.

Sebelumnya, hujan lebat dengan intensitas tinggi mengakibatkan banjir merendam sejumlah kecamatan di Bolmut. Kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Sangkub, Bintauna, Bolangitang Timur dan Bolangitang Barat.

Banjir yang disebabkan oleh jebolnya salah satu tanggul sungai akibat hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir bandang pada Rabu (4/3) dan
merendam permukiman dan lahan pertanian dengan tinggi muka air berkisar antara 60-120 sentimeter. Jalan menuju lokasi kejadian juga sempat tertutup material longsor.

Akibat bencana ini, ada ratusan siswa dan guru di SMA Negeri 1 Bolangitang Timur, yang terkena dampak babjirnya dan rumah mereka tergenang air yang disertai lumpur akibat dibawah banjir bandang.

” Siswa kami sudah dua hari ini belum bisa melaksanakan ujian Sekolah di karenakan dampak dari musibah banjir,” ungkap Kepala SMAN 1 Bolangitang Timur, Sawal Tombinawa, S.Ag pada kabarmanado.com Kamis (05/03).

Kata dia, hampir seluruh siswa dan guru tidak bisa kesekolah dikarenakan pakaian seragam hanyut terbawa banjir.

” Saya selaku kepsek menyampaikan kepada guru dan siswa yang tidak terkena dampak membantu yang terkena musibah banjir,” ungkap Kepsek.

Kata Kepsek, Saat ini Pramuka dan Osis membantu membersihkan rumah para guru dan siswa serta masyarkat disekitar.

” Dewan ambalan SMAN 1 Bolangitang Timur membuka posko bantuan untuk penggalangan dana membantu meringankan beban yang terkena musibah,” jelas Kepsek.

Kepsek berharap agar bantuan bisa didapat berupa pakai bekas atau seragam sekolah dan juga terutama makan yang saat ini sangat dibutuhkan.(kifli).