Tersangka Vernando Dugaan Penjual Motor Kredit Milik FIFGROUP Manado Terancam Hukuman Penjara 4 Tahun

by

MANADO – Tersangka dugaan penjual motor kredit milik FIFGROUP Manado, VAL alias Vernando, kini menjadi tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado, setelah kasusnya dillimpahkan oleh penyidik Reskrim Polresta Manado.

Kasi Pidum Kejari Manado Patris Muloke SH menjelaskan, pihak kejaksaan masih menunggu waktu penetapan sidang setelah kasus tersebut dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Manado. “Jadi kami tinggal menunggu sidang saja setelah ditetapkan oleh PN Manado, karena berkas dan barang bukti tersangka Vernando telah tahap dua atau dinyatakan lengkap oleh penyidik untuk disidangkan,” ungkapnya Rabu (16/10/2019).

Diketahui sebelumnya, FIFROUP Manado melaporkan kasus yang menimpa perusahaan pembiayaan tersebut ke Polresta Manado pada tanggal 23 Oktober 2018 silam, dengan pengaduan Nomor: STTLP/3020/X/2018/SPKT/RESTA MANADO.

FIFGROUP melaporkan Terlapor Vernando karena tanpa sepengetahuan dari FIFGROUP Manado telah memindah tangankan atau menjual ke pihak lain satu unit sepeda motor Honda All New CBR 250 R warna hitam, dimama kendaraan tersebut masih menjadi jaminan fidusia   di PT FIFGROUP, sehingga atas kejadian ini FIFGROUP mengalami kerugian sebesar Rp 94.446.000.

Sementara itu tersangka VAL terancam pasal 372 KUHP Tentang Penggelapan yang diatur dalam UU No. 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 tahun. “Iya tersangka kita kenakan UU Tentang Jaminanan Fidusia karena mengalihkan barang atau sesuatu yang masih dalam proses penguasaan pemilik Perushaan Finance atau Kreditur,” kata sumber di PN Manado Kamis (17/10/2019).

Sementa itu, Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan sebuah benda bergerak yang hak kepemilikannya masih dalam kekuasaan pemilik benda tersebut. 

Penulis: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.