Testimoni Petani dan Pelaku UKM dalam Buku Karya Dua Alumni Unima

by
Buku yang diterbitkan atas kerjasama PT Tirta Investama Aqua Airmadidi dan Lembaga A’Makalendong Indonesia ini ditulis oleh dua alumni Universitas Negeri Manado (Unima) yakni Yoseph E Ikanubun SPd dan Youdy YY Taroreh SPd.

Kauditan – Salah satu sektor unggulan di Sulut adalah pertanian. Banyak warganya yang menggantungkan hidup dari sektor ini. Namun sayangnya perhatian pemerintah dirasa cukup minim menopang para petani, bahkan untuk hal-hal yang mendasar seperti penyediaan bibit, pupuk, hingga pascapanen seperti pemasaran hasil produksi.

Dalam kondisi seperti ini, kehadiran PT Tirta Investama Aqua Airmadidi setidaknya memberi harapan bagi warga petani di Minahasa Utara. Tidak sekadar memberi bantuan materi, melainkan peningkatan kapasitas petani melalui pelatihan yang dilakukan. Petani diberdayakan,  melalui pengetahuan dan keterampilan yang dibuat  oleh PT Tirta Investama Aqua Airmadidi.

Testimoni sejumlah petani dan pelaku usaha kecil di Kabupaten Minahasa Utara ini, tertuang dalam buku berjudul “Berkah Aqua untuk Warga Minahasa Utara” yang resmi diluncurkan, Senin (27/08/2018) pekan lalu, di balai Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Minahasa Utara.

Buku yang diterbitkan atas kerjasama PT Tirta Investama Aqua Airmadidi dan Lembaga A’Makalendong Indonesia ini ditulis oleh dua alumni Universitas Negeri Manado (Unima) yakni Yoseph E Ikanubun SPd dan Youdy YY Taroreh SPd. “Sejak masih kuliah kami memang sudah berniat menulis buku, dan baru terealisasi sekarang. Semoga buku ini menjadi referensi bagi para pihak untuk lebih memperhatikan sector pertanian serta usaha kecil yang dirintis oleh warga,” papar Taroreh.

Ketua Lembaga A’Makalendong Indonesia, Hery Rumimper mengungkapkan peluncuran buku itu dalam rangkaian program Kampung Aqua Sehat Desa Tumaluntung. “Kami berterima kasih kepada PT Tirta Investama Aqua Airmadidi untuk dukungannya. Juga kepada Hukum Tua Desa Tumaluntung, Ifonda Nusah SE,” papar Rumimper.

Ifonda dalam sambutannya menyatakan bersyukur dan berterima kasih atas dukungan PT Tirta Investama Aqua Airmadidi. “Apalagi program Aqua ini sejalan dengan program dan kebijakan desa untuk menjadikan Desa Tumaluntung sebagai Desa Ekowisata,” papar Ifonda.

Stakeholder Relation PT Tirta Investama Aqua Airmadidi, Imanuel Adoeng didampingi  Femy Luntungan, Koordinator CSR PT Tirta Investama Aqua Airmadidi menyatakan, program tersebut merupakan komitmen moral pihaknya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. “Untuk Desa Tumaluntung sudah masuk tahun ketiga program. Semoga di tahun ini kemandirian Kelompok Karioka yang didampingi Mitra Lembaga A’Makalendong boleh tercapai,” ujar Adoeng.

 

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.