Tim Penilaian Lomba Desa Kunjungi Desa Leilem Wakil Dari Minahasa

by

Leilem – Setelah meraih juara pertama lomba Desa tingkat Kabupaten Minahasa, Desa Leilem Kecamatan Sonder mengikuti lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Utara, pada hari Selasa (28/5/2019). Merekapun didatangi Tim Penilai dari Provinsi.

Acara penilaian lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Utara tahun 2019 di Desa Leilem, Kecamatan Sonder, dihadiri oleh Bupati Minahasa diwakili Kadis PMD Minahasa Djefri Sumendap Sajow SH dan jajarannya, mewakili Kadis PMDD Provinsi Sulut Kabid Pemdes Grace Tangkumahat bersama tim yakni tenaga ahli TP PKK Sulut Drs Ferdinand Singal MSi, Janni Diawang SE, Netty Komaling AMG, Dra Meity Lumolos, Fransiskus Mandagi SE, Camat Sonder Drs Rouldy H F Mewoh bersama Ketua TP PKK Sonder dan para Hukum Tua dan pengurus TP PKK se-Kecamatan Sonder yang didampingi Pengurus PKK Kabupaten Minahasa, Danramil Sonder Pelda Fredrik Matindas, mewakili Kapolsek Sonder Iptu Stanley Korua, Hukum Tua Desa Leilem Victor M L Roring bersama ketua TP PKK Leilem,  Ketua BPMJ GMIM Imaneul Leilem Pdt Novita Rende Kaligis STh bersama para tokoh agama dan tokoh masyarakat, Perangkat Desa, BPD, masyarakat Desa Leilem serta tamu undangan lainnya.

Hukum Tua Leilem Victor Roring, menyampaikan Laporan profil desa dan dokumen lainnya dilanjutkan penyerahan dokumen kepada Tim Penilai serta penyerahan laporan hasil evaluasi perkembangan Desa tingkat Kabupaten Minahasa dan SK Penetapan Juara lomba Desa tingkat Kabupaten oleh Kadis PMD Minahasa Djefry Sumendap Sajow SH kepada Tim Penilai.

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi dalam  sambutannya yg dibacakan oleh Kadis PMD Minahasa Djefri Sumendap Sajow SH, mengajak semua untuk mengucap syukur atas berkat kasih Tuhan Desa Leilem Kec Sonder menjadi wakil Kabupaten Minahasa dalam  lomba desa Lebih  Lanjut ia menyampaikan apresiasi kepada Tim Penilai Tingkat Provinsi Sulut. “Ini menjadi momentum yang baik untuk mengevaluasi, mendorong dan meningkatkan menyelenggaraan pemerintah Desa ke arah yang lebih baik kedepannya,” ujarnya.


Selanjutnya Bupati Minahasa  mengapresiasi seluruh Desa yang telah berusaha memberikan yang terbaik sejak dari penilaian tingkat kecamatan hingga kabupaten yang akhirnya telah menghasilkan pemenang tingkat kabupaten, yang hari ini akan dinilai dalam lomba tingkat Provinsi Sulut. “Secara khusus saya menyampaikan apresiasi bagi perangkat dan masyarakat Desa Leilem yang telah berhasil menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten Minahasa,”ujar Sajow mengutip sambutan Bupati Minahasa.

Selanjutnya ROR menyampaikan lomba Desa ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai sejauh mana perkembangan Desa, serta bermaksud untuk mendorong bahkan memotivasi pemerintah Desa dalam mengidentifikasi dan mengoptimalkan potensi yang ada. “Demi terwujudnya peningkatan kualitas hidup masyarakat disamping sebagai wadah untuk memberi penghargaan atas proestasi yang dicapai dalam memajukan memandirikan dan mensejahterahkan masyarakat  termasuk terdepan dalam  pelayanan masyarakat dan percepatan pembangunan Desa,” harap ROR.

Kepala Dinas Penberdayaan Masyarakat Desa Daerah Provinsi Sulut selaku Ketua Tim Penilai Lomba Desa tingkat Prov Sulut diwakili Kepala Bidang Pemerintahan Desa Grace Tangkumahat SSos menyampaikan selamat kepada pemerintah dan masyarakat Leilem yang mewakili Kabupaten Minahasa dalam penilaian evaluasi perkembangan Desa sekaligus lomba Desa tingkat provinsi yang merupakan agenda nasional yg diselenggarakan di seluruh tanah air.  Lebih Lanjut Tangkumahat mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Desa dan Kelurahan, Kecamaatan, Kabupaten / kota, provinsi, dan regional dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No 81 Tahun 2015 ttg evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan. “Untuk pelaksanaan lomba esa dan kelurahan tahun 2019 yakni penekanan penilaian lomba terdapat pada kualitas penyelenggaraan pemerintah Desa dan Kelurahan serta inovasi yang mendapat bobot yang lebih besar dalam mekanisme penilaian,” ujarnya.

Sambutan dilanjutkan dengan penjelasan teknis dan perkenalan tim penilai serta penilaian langsung di lapangan dan wawancara dengan perangkat Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa serta penilaian administrasi, papan data dan dokumentasi lainnya.

Tim kemudian melakukan pengcekan dan wawancara kepada aparat Desa, bahkan Tim yang ada melakukan  pemantauan langsung keadaan lingkungan ke seluruh wilayah Desa Leilem dari jaga 1 sampai 6. Diakhir penilaian dilanjutkan acara ramatama dengan makan bersama, mengunakan  alas daun pisang.

Penulis: Roni Sepang
Editor: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.