Tumbuhkan SAR Preventif pada Siswa, Basarnas Minsel Latih Ratusan Siswa SMKN 1 Amurang

by

Amurang – Badan SAR Nasional (Basarnas) melalui Kantor SAR Amurang bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Amurang menggelar kegiatan SAR Goes to School (SGTS) di sekolah dengan melatih para siswa – siswi agar menjadi tangguh dalam menghadapi bencana.

Kepala SMK Negeri 1 Amurang, Dientje Sumendap Jumat (20/9/2019) mengatakan, kerjasama Badan SAR Nasional (Basarnas) melalui Kantor SAR Amurang dengan SMKN 1 Amurang sangat baik dan bermanfaat bagi para siswa – siswi. “Memang kegiatan mereka merupakan salah satu program untuk memperkenalkan apa saja yang menjadi tugas dan fungsi Basarnas kepada generasi muda. Selain itu para peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang upaya apa yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana,” ungkap Kepsek.

Kata dia, kegiatan tersebut untuk wilayah Minahasa Selatan barulah sekolah mereka yang bekerjasama dengan Basarnas Minsel, dan latihan ini diikuti ratusan siswa – siswi. “Mereka setiap minggu ada jadwal mengadakan pelatihan bagi para siswa dan mereka mendapatkan materi SAR Preventif yang nantinya seluruh seluruh siswa – siswi yang terlibat diharapkan mampu menyelamatkan diri sendiri saat berada dalam kondisi membahayakan jiwa baik didarat dan wilayah perairan,” ungkapnya

Kata Kepsek, materi yang diberikan yakni teknik menyelamatkan diri, membantu korban, menjangkau korban, teknik mendayung perahu karet, drill gempa, teknik pemindahan korban, serta teknik mengambang dan menunggu pertolongan. “Dengan kegiatan ini diharapkan akan menumbuhkan kesadaran tentang keselamatan diri khususnya kepada siswa-siswi,” harapnya.

Lanjut Sumendap, disini siswa diharapkan mampu bekerja sama tanpa harus memandang mereka berasal dari sekolah yang berbeda sehingga mereka bisa bersatu dalam menghadapi sebuah masalah.

Kegiatan yang digelar di sekolah tersebut berlangsung sukses dan para siswa sangat antusias mengikutnya baik teori hingga prakteknya.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.