Uang Kas Habis, Sejumlah Kepsek Tidak Bisa Cairkan DAK Di Bank SulutGo

by

Foto : sejumlah Kepsek SMA dan SMK yang antri di Bank SulutGo Cabang Manado

Manado – Tahun 2019 ini ada ratusan sekolah SMA Dan SMK baik Negeri maupun Swasta yang mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Fisik dari Pemerintah Pusat Kemendikbud melalui Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut.

Pada Senin (30/12) hari ini, adalah hari terakhir proses pencairan DAK tersebut sekaligus hari terakhir untuk proses laporan Nihilnya.

Sangat disayangkan, masih ada juga beberapa Sekolah yang hari terakhir ini belum bisa mencaikan dana tersebut dikarenakan uang yang ada di KAS Bank SuluGo di Cabang Manado sudah habis dan juga jam kantor telah usai.

” Kami antri dari siang dan saat giliran pada sore di kasir Bank kata mereka uangnya di KAS telah habis, dan tidak bisa mencairkan,” ungkap salah satu Kepsek SMA di Minut ini.

Kata dia, batas Nihil adalah pada hari ini tetapi ada pengecualian dari Dikda yakni bisa melaporkan nanti besok Selasa (31/12) dan untuk sementara dimintakan print rekening koran.

Hal yang sama juga diungkapkan salah satu Kepsek SMA dari Bitung. Kata dia, sudah 3 hari bolak balik Bank SulutGo untuk mengecek uangnya tetapi sampai sekarang belum masuk juga.

” Saya sudah tiga hari bolak balik Bank tetapi hasilnya Nihil tidak ada dan saat sore hari ini mau mencairkan, tetapi uang di KAS katanya sudah habis,” ungkapnya.

Sementara itu melalui Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes melalui Kasub Keuangan, Senita S. Kotambunan SE. ME Senin (30/12) mengatakan, memang benar hari ini Senin (30/12) adalah batas proses pencairan dan juga proses Nihil laporan Dana Alokasi Khusus (DAK) bagi SMA/SMK.

” Memang dana DAK pihak Bank SulutGo hari ini sudah mentransfer semua ke rekening sekolah dan terakhir saya cek pada pukul 19.30 Wita uangnya sudah ditransfer kerekening sekolah,” ungkap Senita.

Kata Senita, memang dana DAK 2019 ini yang terakhir adalah tahap 3 dengan besaran anggaran yakni Rp 170 Miliar lebih.

” Memang tidak serentak sekolah yang cair ditransfer kerekening mereka yaitu ada yang dicairkan tanggal 24, ada juga tanggal 27 sudah cair,” ungkap Senita.

Lanjut dia, khusus bagi para Kepsek yang belum sempat mencairkan uangnya hari ini Senin (30/12), nanti uangnya bisa dicairkan besok Selasa (31/12) dan laporan Nihil mereka pun bisa dilaporkan besok nanti.(kifli).