UNSRAT Jadi Pembicara Pada International Workshop CDIO Smart Green Synergy di Feng Chia University, Taiwan.

by

Manado – Tepatnya pada tanggal (04/01) di Kota Taichung Taiwan, di Feng Chia University, Taiwan berlangsung International Workshop tentang CDIO (Conceive, Design, Implement, Operate), yaitu suatu metode pembelajaran Perguruan Tinggi yang dapat diandalkan dalam masa revolusi Industri 4.0 saat ini.

Feng Chia University adalah salah satu dari Perguruan Tinggi ternama, yang berhasil menerapkan CDIO sejak lama, sehingga terjalin adanya link & match yang sangat baik dengan Industri.

Dalam pertemuan Internasional tersebut, Unsrat menjadi tamu Undangan sebagai Pembicara, sebanyak 3 makalah dari Unsrat, yaitu yang dibawakan oleh Prof.Dr.Sangkertadi (yang juga WR 4 Unsrat), Dr.Chyntia Wuisang (Dosen Fakultas Teknik Unsrat), dan Alicia Sinsu, MT (Dosen Fakultas Teknik Unsrat).

Mewakili Rektor Unsrat Manado, Wakil Rektor 4 Unsrat Manado, Prof.Dr. Sangkertadi mengatakan,
Secara khusus pihak Unsrat diundang karena adanya Kerjasama atau MOU dan MOA dengan Feng Chia University (FCU) di bidang Tri Dharma PT. Workshop di hadiri pula Perguruan Tinggi ternama asia yaitu dari ITB, Chulalongkorn University (Thailand), Vietnam National University, King Monkhut’s University of Technology (Thailand), Universiti Kebangsaan Malaysia, Mae Fah Luang University (Thailand), Chiang Mai Rajabhat University (Thailand), serta dari kalangan industri dan para pakar dari FCU sendiri.

Kata Sangkertadi, Semuanya sebanyak 20 pembicara pakar (Sebagian Besar para Professor) yang masing-masing membawakan makalah dengan kasus yang berbeda.

” President (Rektor) FCU, Prof.Bing-Jean Lee meluangkan waktu khusus untuk mengikuti workshop selama dua hari, karena beliau adalah juga pakar dalam bidang CDIO. Semua Dekan dan sejumlah pimpinan inti FCU hadir pada kesempatan tersebut,” ungkapnya.

Sangkertadi menambahkan, Dalam rangkaian program kegiatan juga diadakan kunjungan lapangan ke pusat-pusat sains & teknologi, di Kota Taichung, antara lain di Taichung Science & Teechno Park. Kunjungan juga dilakukan ke beberapa Advanced laboratorium di FCU, serta meninjau kegiatan di pusat-pusat seni dan kebudayaan.