Unsrat Kukuhkan 1090 Wisudawan

by
Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA

Manado- Bertempat di Auditorium Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, kembali dikukuhkan 1.090 wisudawan Periode II Tahun Akademik 2018 / 2019 baik sarjana Strata 1, 2 dan 3. Pengukuhan ini berlangsung, Kamis (15/11/2018).
Pengukuhan 1.090 wisudawan Unsrat Manado Periode II Tahun Akademik 2018 / 2019, dilakukan Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA didampingi para wakil rektor, dan dekan serta senat perguruan tinggi.
Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir Grevo S Gerung MSc dalam laporannya menyampaikan, dalam upacara wisuda Periode II Tahun Akademik 2018 / 2019 pesertanya berjumlah 1.090 orang. “Dengan bertambahnya 1090 Wisudawan lulusan Unsrat Manado seluruhnya berjumlah 86.634 orang,” ungkapnya.
Kumaat dalam sambutannya mengatakan, untuk menjawab tantangan yang terus meningkat di era milenium ini, Unsrat telah membuka pendidikan profesi insinyur dimulai dengan empat fakultas yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Fakultas Peternakan. “Pendidikan profesi insinyur merupakan kelanjutan dari pendidikan strata-1 dimana lulusannya diharapkan memiliki kemampuan akademik berpikir kritikal atau analitik dan sintetik serta kreatif inovatif,” ungkapnya.
Lanjut Rektor, arus globalisasi memang sudah tidak terbendung masuk Indonesia. Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital ekonomi, artificial intelligence, big data, robotic dan lain sebagainya yang kesemuanya dikenal dengan fenomena disruptive innovation. “Para wisudawan untuk terus memperlengkapi diri dan janganlah melihat segala tantangan itu sebagai ancaman tetapi lihatlah itu sebagai peluang dan kesempatan,” ujar dia.
Rincian yang diwisuda adalah Program Doktor (S3) berjumlah 10 orang terdiri dari Dokter Sains 7 orang, Doktor Ilmu Kelautan 2 orang dan Doktor Ilmu Manajemen 1 orang.
Untuk Program Magister (S2) berjumlah 35 orang terdiri dari Magister Sains 14 orang, Magister Ilmu Perairan 8 orang, Magister Akuntansi 1 orang dan Magister Manajeman 12 orang.

Sementara Program Pendidikan Dokter Spesialis 1 berjumlah 9 orang, Program Pendidikan Pofesi Dokter 84 orang.
Sedangkan Program Sarjana (S1) berjumlah 952 orang terdiri dari Fakultas Kedokteran 21 orang, Fakultas Teknik 197 orang, Fakultas Pertanian 22 orang, Fakultas Peternakan 5 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 26 orang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis 229 orang, Fakultas Hukum 136 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 145 orang. Fakultas Ilmu Budaya 2 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 28 orang serta Fakultas Kesehatan Masyarakat 141 orang.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.