Unsrat Lakukan Pelatihan Tanggap Darurat Penanganan Covid 19 Bagi Petugas Keamanan

by


Manado – Wabah virus corona ( Covid-19) yang belum diketahui kapan akan berakhir, membuat Universitas Sam Ratulangi Manado melakukan pelatihan tanggap darurat covid 19 pada Selasa (19/05).

Rektor Unsrat Manado, Pof Dr Ir Ellen J Kumaat, DEA MSc melalui
Wakil Rektor dua Unsrat, Dr Ronny Maramis, MH mengatakan latihan ini dimaksud sebagai antisipasi jika terjadi kedaruratan ada warga Unsrat atau pihak luar yang kebetulan berkunjung ke Unsrat atau ada yang tiba-tiba sakit dengan kondisi gejala mirip covid 19 maka front line Unsrat sudah siap.

“ Memang mereka itu seperti tenaga keamanan, fasilitas kesehatan, sopir ambulans dan dokter serta perawat telah siap dan paham seperti apa penanganan sesuai SOP covid 19, baik cara pencegahan, penanganan dan cara mengamankan diri para petugas, mengamankan APD Ini juga mengamankan lingkungan publik supaya meminimalisir penyebaran,”jelasnya.

Lanjut Maramis, latihan ini dimaksudkan jika ada kasus di Unsrat maka para personil sudah paham setiap saat.

“Dengan banyaknya kasus penanganan covid 19 berbagai institusi tidak siap. Karena tidak pernah disosialisasikan, bahkan dilatih khusus,belum lagi infrastruktur pendukung tidak memadai,”katanya.

Pendekatan yang dilakukan Unsrat kata Maramis , prinsipnya adalah management pencegahan karena Unsrat punya populasi kurang lebih 30.000 an orang, mahasiswa, dosen dan pegawai.

“Karena itu Unsrat per ketat bagi tamu yang datang ke kampus harus memakai APD berupa masker dan akan diperiksa suhu tubuh, “tambahnya