Unsrat Mampu Menempati Peringkat 25 Versi Webometrics

by



Manado – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, kini berada di peringkat Ke-25 versi Webometrics.

“Peringkat Unsrat di Webometrics untuk universitas-universitas di Indonesia menanjak ke posisi 25 setelah pada tahun 2019 menempati peringkat 26 dan peringkat 34 di tahun 2018,” ungkap Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA, pada Senin (18/05/2020).

Webometrics, dijelaskan Kumaat adalah suatu sistem pemeringkatan yang mengukur kemajuan universitas-universitas di seluruh dunia melalui website resmi universitas tersebut dan pemanfaatan serta impact yang diberikan oleh konten informasi di dalamnya.

“Periode penilaian dilaksanakan dua kali setahun yakni pada bulan Januari dan Juli. Hasil penilaian disajikan dalam bentuk ranking baik secara global maupun berdasarkan negara,” ujarnya Kumaat.

Diketahui, Webometrics menggunakan empat kriteria, yakni Presence (bobot 20%), yaitu volume konten global yang terindeks Google. Impact (50%) yaitu kualitas konten yang diukur dengan tautan eksternal dari pihak ketiga dengan data visibility-nya menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs.

Serta Openness (15%) yaitu jumlah rich file (pdf, doc, docs, dan ppt) yang terindeks di google scholar. Terakhir, Excellence (15%) yaitu karya akademik yang dipublikasikan di jurnal international yang tergolong high-impact dengan sumber datanya diambil dari Scimago.

Daftar lengkap peringkat Webometrics dapat dilihat pada laman di bawah ini:

https://www.webometrics.info/en/asia/indonesia%20.