Usai Bertemu Menkes, Komisi IX Minta Masyarakat Jangan Panik Dan TetapTenang Hadapi Corona

by

J

Foto : Istimewah, Komisi IX DPR Bertemu Dengan Kemenkes RI

Jakarta – Ketua Komisi IX DPR Felly Estelita Runtuwene meminta masyarakat untuk bersikap tenang dalam menyikapi virus corona yang dikabarkan telah masuk ke Indonesia. Menurutnya jika masyarakat panik dan cemas berlebihan maka itu akan merugikan masyarakatnya sendiri. Dalam hal ini Komisi IX melakukan kunjungan ke Kementerian Kesehatan menemui Menkes Terawan Agus Putranto.

“Kita sampaikan pada masyarakat jangankah kita panik. Ini bukan hanya terjadi di negera kita tapi di banyak negara. Saya anjurkan untuk tetap tingkatkan iman kita. Karena sampai hari ini obatnya belum ada. Jadi sebetulnya orang sakit itu lebih karena pikiran, marilah kita positive thinking, tapi jangan juga kita abaikan informasi yang ada,” ujar Felly Estelita Runtuwene usai kunjungan on the spot ke Kementerian Kesehatan guna melakukan rapat dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Rabu, (04/02/2020).

Selain menganjurkan masyarakat untuk tenang, Felly juga meminta aparatur terkait untuk meningkatkan pendeteksian dini terkait penyebaran virus corona. Terutama untuk jajaran imigrasi dan karantina bandara, Felly meminta agar tiap ada WNA yang masuk untuk dapat dilakukan pengecekan terlebih dulu.

“Kami minta pada Kemenkes untuk koordinsi dengan otoritas bandara seperti Kemenhub, Imigrasi dan Karantina untuk memperketat jalur keluar masuk tiap orang per orang. Tak hanya bandara ya, tapi juga pintu masuk darat dan laut. Kami minta untuk ditingkatkan deteksi awal,” tegas Felly.

Selain itu, kepada jajaran media massa Felly juga mengungkapkan untuk bersikap proporsional dalam memberitakan kejadian virus corona ini. Pasalnya, hingga kini banyak masyarakat yang menjadi panik akibat pemberitaan di media massa yang begitu massif. Menurutnya, waspada boleh tapi jangan sampai menimbulkan kepanikan yang berlebih.

“Jadi sebetulnya, terjangkitnya corona dari satu ke yang lain itu cepat. Tapi bisa dibilang tingkat kematiannya itu banyak menyerang orang-orang yang lanjut usia. Jadi ini tentang bagaimana meningkatkan daya tahan tubuh kita dan kita bersikap tenang serta berfikiran positif,” jelasnya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam kesempatan ini mengungkapkan akan terus melakukan kerja pendeteksian dini terhadap seluruh elemen yang menyebabkan tersebarnya virus corona, adapun antisipasi dan koordinasi dengan seluruh pihak terkait terus dilakukan secara berkala, termasuk juga koordinasi dengan jajaran kepala daerah.