Vaksinasi Rubella di Sulut Mencapai 61 Persen

oleh -793 views
Jumpa pers di Dinas Kesehatan Provinsi Sulut

Manado – Vaksin imunisasi measleass dan rubella (MR) di Sulawesi Utara sampai dengan 5 Sebtember 2018 sudah terealisasi di 15 kabupaten kota mencapai 61,93 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Sulut, dr Debby Kalalo belum lama ini mengatakan, paling banyak vaksin imunisasi yang mencapai 79 persen yaitu di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. “Kami terus terjun ke kabupaten dan kota untuk melakukan vaksin imunisasi Rubella,” jelasnya.

Kata dia, paling banyak kedua yaitu Kabupaten Sitaro ada 75 persen dan terendah di Kota Kotamobagu sebesar 46,89 persen. “Saat ini kami juga banyak menemui kendala atau masalah di mana isu hoaks terkait dampak negatif vaksin rubella menyebar di media sosial,” kata dia.

Imbas dari berita bohong di medsos, kata Kalalo, berdampak pada sebagian besar ibu rumah tangga yang tidak mau melakukan  imunisasi anaknya. “Isu nasional sudah tuntas dimana ketua MUI sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin rubella aman,” ungkapnya.

Menurut Kalalo, mereka terus meningkatkan kualitas prasarana dan SDM khususnya pelayanan pada masyarakat. “Capaian realisasi program vaksin rubella di Sulut skarang diposisi ketiga tingkat nasional,” katanya.

Menurut dia, Dinas Kesehatan telah menyediakan layanan pengaduan gratis di nomor 1500568 dan bagi siapa melakukan pengaduan masyarakat  akan ditindaklanjuti.

 

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.