Wagub Kandow : Bencana Bolmut Dikategorikan Darurat Bencana

by

Bolmut – Bencana banjir bandang yang sangat dasyat terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang melanda 4 Kecamatan dan 49 Desa dikategorikan adalah darurat bencana. Hala ini disampaikan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw usai meninjang lokasi bencana di beberapa Desa yang ada di Bolmut Sabtu (07/03) kemarin.

” Saya nyatakan dari skala, dampak dan jumlah penduduk yang terimbas dari bencana empat Maret untuk Bolaaang Mongondow Utara ini dikatogorikan sudah darurat bencana dan saya sudah usulkan pada Bupati untuk menyurat agar Gubernur bisa segera menyampaikan pada Pemerintah Pusat bahwa bencana di Bolmut sudah darurat bencana,” ungkap Kandow.

Kata Kandouw, dengan adanya darurat bencana maka sangat perlu perhatian khusus baik taktis maupun strategis dan yang taktis harus segeri diberikan bantuan secepatnya dana darurat untuk perbaikan insftrastruktur, perbaikan tempat tinggal warga dan rekondisi masyarakat yang terdampak.

” Darurat bencana karena ternyata jangkauannya besar, dampak yerhadap jumlah penduduknya, terutama alat – alat produksi mereka sawah dan lain – lain,” jelas Kandouw.

Lanjut Wagub, Pemprov sudah bergerak cepat dengan membantu warga yang terkena musibah baik lauk pauk, makanan, alat berat dan lainnya.

” Ada 49 Desa 4 Kecamatan yang dampak kena bencana banjir dan longsor dengan total kerugian Rp 104 miliar,” ungkap Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Depri Pontoh.

Lanjut Pontoh, masih ada beberapa Desa yang masih longsor terisolir tidak bisa dilewati yakni diantaranya Desa Sidodadi dimana sampai saat ini masih dalam pengerjaan pembukaan jalan oleh alat berat.

Dalam peninjauan lokasi bencana, Wagub Kandouw didampingi Sekretaria Daerah Sulut, Drs Edwin Silangen, para Kepala SKPD Pemprov Sulut dan juga Pemerintah Bolmut, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Drs. Hi. Depri Pontoh dan Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena serta ketua DPRD Bolmut, Frangky Chendra.

tenor