Wagub : Pemerintah Pusat Cairkan Kembali DAK Di Sulut

by


Manado – Indonesia saat ini dilanda dengan Virus Corona dan dimasa pandemi, banyak dana Daerah yang ditarik kembali ke Pusat dalam pencegahan Covid-19.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw Jumat (03/07) mengatakan, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menyampaikan terima kasih serta apresiasinya pada Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Djoko Widodo yang begitu perhatian dengan pelaksanaan pembangunan di Provinsi Sulawesi Utara. Katanya, presiden sudah memerintahkan agar supaya DAK dapat dicairkan kembali.

“Ternyata kabar dari Asisten, bahwa Presiden sudah memerintahkan agar supaya Dana Alokasi Khusus (DAK) dapat dicairkan kembali, syukur kita di daerah dengan adanya transfer daerah ini kita bisa bernafas lega kembali,” ujar Wagub Kandouw.

Kata Kandouw, telah melakukan pertemuan untuk menyusun kembali anggaran pada SKPD serta melihat mana saja yang diprioritaskan untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) yang harus lebih diprioritaskan.

“Tadi kita susun kembali dinas mana saja yang DAK-nya dinormalkan kembali tetapi yang pasti di PU ada Rp 25 miliar dikembalikan lagi,” terang Kandouw.

Seperti diketahui Dana Alokasi Khusus (DAK), adalah alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada provinsi/kabupaten/kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Pemerintahan Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional harus tertahan atau tidak dapat terealisasi karena adanya pademi Covid-19 yang melanda Negara kita termasuk di Provinsi Sulawesi Utara.