Wagub Serahkan SK CPNS Guru SMA/SMK dan Pantau Vaksinasi Tenaga Pendidik di SMAN 1 Tahuna

by

Sangihe, Kabarmanado.com – Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw menyerahkan SK Gubernur Sulut tentang Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Guru dan P3K bagi SMA/SMK/SLB Formasi 2019 di Wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan SK Kenaikan Pangkat (Kenpa) PNS di Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulut Wilayah Sangihe serta memantau pelaksanaan pembelajaran tatap muka menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di SMA Negeri 1 Tahuna, Selasa (6/4/2021).

“Atas nama Gubernur Olly Dondokambey mengucapkan selamat kepada semua penerima SK CPNS dan Kenaikan Pangkat,”ungkapnya.

Kandouw berharap agar para guru dapat mendidik siswa menjadi SDM unggul bahkan calon pemimpin bagi Sangihe bahkan untuk bangsa Indonesia.

“Semoga usaha ikhtiar dan harapan kita ini diberkati Tuhan dan akan menciptakan pemimpin-pemimpin yang hebat, bukan hanya di Sangihe ini tapi menjadi pemimpin untuk bangsa dan negara,” kata Kandouw.

Lanjut Kandouw, pembangunan sektor pendidikan di Sangihe menjadi tanggung jawab bersama semua pihak.

“Menjadi tugas kita bersama untuk memperhatikan dan mengunderline masalah pendidikan ini, yang saat ini kebanyakan dengan belajar jarak jauh, alangkah lebih baiknya melakukan pembelajaran dengan tatap muka. Apapun argumennya nda ada lawang, selain tatap muka,” ujarnya.

Menurutnya, tidak semua tenaga pendidik mampu menyesuaikan dengan fenomena baru ini. Kualitas pendidik masih banyak yang jauh panggang dari api, apalagi pembelajaran hanya melalui hand phone.

“Kiranya juga orang tua harus berperan, menjadi guide untuk mengawasi proses belajar dari anak-anak kita. Yang saya takutkan akan adanya lost generation,” terangnya.

Karenanya, dia meminta guru atau tenaga pendidik harus mampu membawakan materi dengan baik dan juga harus mampu secara psikologis untuk meyakinkan para orang tua dalam mengawasi tahap pembelajaran siswa.

Disamping itu, Kandouw juga mengajak sekolah-sekolah berperan aktif mengajak para siswa memanfaatkan peluang sekolah kedinasan.

“Arahan untuk sekolah-sekolah kedinasan, apalagi yang SMA ini untuk bisa ikut tes, agar dapat muncul orang-orang yang hebat,” harapnya.

Lebih jauh, Kandouw menyampaikan arahan dari KPK tentang integritas dalam pengelolaan dana BOS agar tidak disalahgunakan.

“Kita harus membutuhkan integritas dalam mengelola anggaran ini, agar dapat benar-benar dikelola dengan benar,” tandasnya.

Dia pun memotivasi semangat seluruh stakeholder pendidikan untuk jangan kendor membangun pendidikan di Sangihe.

“Jangan pernah kendor seluruh stakeholder pendidikan di Tahuna, infrastruktur terus di genjot dan harus seiring dengan SDM. Tidak ada jalan lain untuk keluar dari keterbelakangan, keterpurukan, kemiskinan selain dengan Pendidikan,” kuncinya.

Kegiatan tersebut turut Wakil Bupati Sangihe, Kepala Bidang Pembinaan SMA, Arthur Tumipa, Kaban BKD Sulut Femmy Suluh, Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Sangihe, Maximilianus Tielung, Kacabdin Minut – Bitung Ernest Emor, Kacabdin Sitaro, Walter E Muntiaha, Kacabdin Bolsel, Iswan Lupujo, Kacabdin Mitra – Minsel, Max Lengkong, Kacabdin Tomohon – Minahasa, Joice Rumengan dan para pejabat Dikda dan Cabdin lainnya.(Kifli).

tenor