Workshop dan Sosialisasi Program SMK Rujukan 2019 SMK Katolik St Familia Tomohon

by

TOMOHON – SMK Katolik St Familia Tomohon Gelar Workshop dan Sosialisasi Program SMK Rujukan 2019 tentang peningkatan pembelajaran serta penyelarasan kurikulum menyonsong pelaksanaan pembelajaran di era revolusi 4.0 SMK Katolik ST Familia Tomohon 15 – 16 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes yang didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMK, Debby Mamangkey pada Selasa (15/10/2019).

Kadis Dikda Sulut, dr Grace Punuh MKes menyampaikan, semoga setelah menjadi SMK rujukan sekolah ini menjadi sekolah model atau unggulan. “Setidaknya ada enam komponen pengembangan SMK rujukan yaitu layanan, manajemen, proses pembelajaran, sarana/prasarana, lulusan, dan sebagai pusat belajar,” ujar Punuh.

Lanjut Kadis, SMK Rujukan juga harus berbagi sumber daya yang di milikinya dengan SMK aliansinya, sehingga dapat mendukung program peningkatan dan pemerataan mutu SMK.

Kepala SMK Katolik St Familia Tomohon, Tetty Sabaria Sitorus mengungkapkan, sangat bersyukur sekolah ini bisa terpilih menjadi SMK rujukan. “Dalam mewujudkan rencana tersebut maka sangat diperlukan sebuah pembinaan kepada SMK yang selanjutnya untuk ditetapkan dan dikembangkan menjadi SMK Rujukan,” jelasnya.

Kata Tetty, saat ini ada 4 jurusan keahlian yang dimiliki sekolah yakni akomodasi perhotelan, otomasisasi dan tata kelola perkantoran, tata boga dan akuntansi dan yang menjadi jurusan unggulan yaitu jurusan tata boga. “Setelah lulus, sekolah kami semua bisa terserab didunia kerja dan dunia industri, kami akan terus meningkatkan kualitas mutu pendidikan disini,” harapnya.

Menurut Tetty, hasil UN 2019 sekolah ini mendapatkan peringkat pertama di kota Tomohon dan masuk 5 besar di tingkat Provinsi Sulut sehingga banyak prestasi gemilang siswa yang sudah diraih.

Diketahui, Sulut sendiri ada 3 SMK yang dipilih Kemendikbud RI menjadi SMK rujukan yakni SMKN 1 airmadidi, SMK Pertanian Negeri Kalasey dan SMK Negeri 1 Airmadidi.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.