YPK Keuskupan Manado Tanggapi Penarikan Guru ASN dari Sekolah Swasta

oleh -1.643 views
Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI saat berada di SMA Katolik Aquino Manado.

Manado – Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI, Ferdiansyah mengatakan, adanya rencana penarikan tenaga Aparat Sipil Negara (ASN) guru di sekolah swasta semestinya tidak boleh terjadi. Pengelola sekolah swasta pun angkat bicara, salah satunya Ketua Yayasan Pendidikan Katolik (YPK) Keuskupan Manado, Pastor Revi Tanod.

“Perlu dikaji kembali, apalagi dilakukan dalam waktu yang begitu cepat dan terburu-buru, karena akan mengganggu kegiatan belajar mengajar pada sekolah swasta,” kata Ferdiansyah didampingi Direktur Pembinaan SMA Ditjen Dikdasmen Kemdikbud, Drs Purwadi Sutanto MSi saat melakukan kunjungan di SMA Katolik Aquino Manado dan SMP Katolik Rafael Manado, Selasa (29/01/2019).

Dia mengatakan, penarikan guru ASN di sekolah swasta secara buru – buru juga akan mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah dan merugikan para siswa dan guru.

“Para pemangku kepentingan di daerah diharapkan tidak membuat bingung pihak sekolah swasta apalagi soal penempatan guru yang berstatus ASN di sekolah swasta,” ungkapnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Manado, Pastor Revi Tanod didampingi Kepala SMA Katolik Aquino Manado, Dra Yulien Wantania dan Kepala SMP Katolik Rafael Manado, Dra Henny Tayu di hadapan Komisi X DPR RI menyampaikan, sekolah swasta sangatlah berat jika penarikan guru ASN itu dilakukan.

“Yayasan Pendidikan Katolik membawahi tiga Provinsi yaitu Sulut, Sulteng dan Gorontalo, dengan jumlah guru 2.300 yang di dalamnya ada 1200 guru ASN,” ungkapnya.

Pastor Revi mengatakan, kalaupun penarikan itu akan terjadi, maka berikanlah waktu 5 tahun untuk mempersiapkan para guru pengganti.

Diketahui, kedatangan Tim kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Sulut selain terkait dengan permasalahan dunia pendidikan di daerah yaitu terkait informasi rencana penarikan bantuan tenaga ASN guru di sekolah swasta, juga termasuk kekurangan guru.

Turut mendampingi rombongan Komisi X DPR RI, Asisten I Setdaprov Sulut Edison Humiang dan Kadis Dikda Sulut, dr Grace Punuh MKes.

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

One thought on “YPK Keuskupan Manado Tanggapi Penarikan Guru ASN dari Sekolah Swasta

  1. 503964 3549This article is dedicated to all those who know what is billiard table; to all people who do not know what is pool table; to all people who want to know what is billiards; 2883

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.